Nama Kelompok :
1.
Ika
Anasthasia (51409381)
2.
Insi
Nabihah (52409799)
3.
Maharini
Usach (54409293)
4.
Naila
Fitriah (52409455)
5.
Yola
Endara (50409605)
Kelas
: 3IA09
DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Grafika komputer merupakan sebuah cabang ilmu
komputer yang berhubungan dengan teori dan teknik pembuatan dan manipulasi
gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah
grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D,
pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).
Gambar 2D maupun 3D di mulai dari suatu titik lalu garis yang menghubungkan ke
beberapa garis sehingga jadi sebuah gambar yang akan terlihat seakan-akan
gambar tersebut nyata.
Elemen-elemen pembentuk Grafik Geometri
Komputer grafis digunakan untuk meningkatkan transfer dan memahami
informasi dalam ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, pendidikan, dan bisnis,
produksi, dan menampilkan gambar sintetik obyek alam dengan realisme. Interaksi
pengguna dapat ditingkatkan melalui animasi, yang menyampaikan sejumlah besar
informasi dari gambar yang terlihat hidup.
Animasi secara luas digunakan dalam hiburan, pendidikan, industri,
simulator penerbangan, penelitian ilmiah, dan memungkinkan pengguna untuk
berinteraksi dengan dunia maya. Dengan adanya grafika dan visualisasi komputer
kita dapat mempermudahkan dan mempercepat pekerjaan khususnya dalam interakasi
manusia dengan komputer, karena interaksi sudah berbentuk gambar/visual (GUI,
Graphical user interface) seperti menu atau icon, bukan lagi dalam bahasa hitam
(perintah-perintah yang harus di inputkan) yang sulit dilakukan. Dengan kata
lain menjadi efektif dan efisien.dan juga memperindah tampilan (lebih menarik)
sehingga tidak mudah bosan.
Proses pemodelan grafik tersebut membutuhkan perancangan yang
dibagi dengan beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti obyek apa yang
ingin dibentuk sebagai obyek dasar, pencahayaan dan animasi gerakan
obyek.
Berikut ini ada beberapa kegiatan yang berhubungan dengan grafik
computer, diantaranya adalah :
Pemodelan geometris
Pemodelan geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan
komputasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi
matematika bentuk. Bentuk belajar di pemodelan geometris tersebut
kebanyakan 2D atau 3D, karena 2D adalah model yang penting dalam komputer
tipografi dan gambar teknik. Tiga dimensi model adalah pusat untuk computer
aided design dan manufacturing (CAD / CAM), dan banyak digunakan dalam bidang
teknik seperti sipil dan mechanical engineering, arsitektur, geologi dan medis
pengolahan gambar.
Geometris model yang bisa ditampilkan pada computer seperti
shape/bentuk, posisi, orientasi, warna/tekstur, dan cahaya. Pada goemetris
model juga terdapat tingkat-tingkat kesulitan untuk membuat suatu obyek seperti
menghubungkan beberapa bentuk sudut pada permukaan bebas karena bentuk sudut
tersebut harus pas dan teliti ukurannya agar gambar terlihat nyata.
Animasi
animasi komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui
penggunaan computer. Animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana,
sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis, yaitu: Animasi 2D, dan
Animasi 3D. Perbedaan dari animasi 2D dan 3D visual adalah dilihat dari sudut
pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D
visual menggunakan koordinat x, y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat
sudut pandang objek secara lebih nyata. Beberapa contoh bentuk animasi 2D
Misalnya : Tom and Jerry, Scooby Doo, Doraemon, dan banyak lagi. Sedangkan
contoh animasi 3 D yang pernah kita lihat Misalnya : Final Fantasy, Toy Story
2, Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale dan masih banyak lagi.
Untuk membuat 2D kita dapat menggunakan software seperti
Macromedia Flash, CoRETAS, Corel R.A.V.E., After Effects, Moho, CreaToon,
ToonBoom, Autodesk Animaton (1990-an) dll. sedangkan bagi yang ingin
membuat animasi 3D maka dapat menggunakan Maya, 3D Studio Max, Maxon Cinema 4
D, LightWave, Softlmage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings
3D, Carrara, Infini-D, Canoma dll.
Rendering
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan
ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah
dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan
parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output.
Hasil dari rendering
Tipe-Tipe Citra :
Grafis Komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah pembuatan objek gambar yang masih
berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah: gambar
teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan
digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar
seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.
Pemrosesan Citra Untuk Ditampilkan di Layar.
Pixel Art
Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan
melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit
pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau
game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
Di bagian diperbesar gambar individu piksel diterjemahkan sebagai
kotak dan dapat dengan mudah dilihat.
Vector graphics
Berbeda dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi dari
gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah pada resolusi
berapapun dan tingkat pembesaran apapun gambar yang dihasilkan tetap (tidak
blur atau pecah). Beberapa contoh format gambar vektor adalah : CDR(CorelDraw),
AI(Adobe Illustrator), CMX(Corel Exchange), CMG(Computer Graphic Metafile),
DXF(AutoCAD), dan WMF(Windows Media File).
Perbandingan gambar vektor dengan bitmap
Grafis Komputer 3D
Sebuah rendering 3D dengan ray tracing dan oklusi ambien
menggunakan Blender dan Yafray.
Gambar di atas merupakan contoh dari pembuatan 3D. Proses
pemodelan 3D itu membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan
untuk pembentukannya. Seperti obyek apa yang ingin dibentuk sebagai obyek
dasar, metoda pemodelan obyek 3D, pencahayaan dan animasi gerakan obyek sesuai
dengan urutan proses yang akan dilakukan
a. Motion
Capture/Model 2D
Yaitu langkah awal untuk menentukan bentuk model obyek yang
akan dibangun dalam bentuk 3D. Model obyek bisa berupa gambar yang
sudah dibentuk intensitas warna tiap pixelnya dengan metode Image
Adjustment Brightness/Contrast, Image Color Balance, Layer Multiply, dan
tampilan Convert Mode RGB dan format JPEG. Dalam tahap ini digunakan
aplikasi grafis seperti Adobe Photoshop atau sejenisnya.
b. Dasar
Metode Modeling 3D
Ada beberapa metode yang digunakan untuk pemodelan 3D. Ada
jenis metode pemodelan obyek yang disesuaikan dengan kebutuhannya seperti
dengan nurbs dan polygon ataupun subdivision. Modeling polygon merupakan
bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah
karakter. Sedangkan Modeling dengan NURBS (Non-Uniform Rational Bezier
Spline) merupakan metode paling populer untuk membangun sebuah model
organik.
c. Texturing
Proses texturing ini untuk menentukan karakterisik sebuah materi
obyek dari segi tekstur. Untuk materi sebuah object bisa digunakan
aplikasi properti tertentu seperti reflectivity, transparency, dan
refraction. Texture kemudian bisa digunakan untuk meng-create berbagai
variasi warna pattern, tingkat kehalusan/kekasaran sebuah lapisan object
secara lebih detail.
d. Image dan Display
Merupakan hasil akhir dari keseluruhan proses dari pemodelan.
Biasanya obyek pemodelan yang menjadi output adalah berupa gambar untuk
kebutuhan koreksi pewarnaan, pencahayaan, atau visual effect yang
dimasukkan pada tahap teksturing pemodelan. Output images memiliki
Resolusi tinggi berkisar Full 1280/Screen berupa file dengan JPEG,TIFF,
dan lain-lain.
Contoh penerapan dalam bidang komputer :
- Desain
CAD (Computer Aided Design) proses analisis dan desain (Autocad, 3D Studio
Max dsb.)
- Computer-Aided
Sofware Engineering (CASE) Pemodelkan user requirement, pemodelan
basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program. (Rational Rose,
SyBase, Power Designer)
- Virtual
Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana
user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3
dimensi.
- Visualisasi
Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi.
- Pendidikan
dan Pelatihan Contoh: simulasi rangkaian elektronik untuk pembelajaran,
salah satu aplikasinya Electroni workbench.
- Computer
Art Komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Contoh: Adobe
Photoshop, Corel Painter, GIMP.
- Hiburan
Bidang entertainment khususnya pertelevisian, motion pictures, animasi,
video clips, dll.
- Video
Game (2 dan 3 dimensi)
- Graphical
User Interface antarmuka grafis yang mempermudah interaksi manusia dengan
komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh komputer. Digunakan untuk
hampir semua aplikasi yang ada di pasaran saat ini, interface ini
menampilkan menu dan icon untuk mempermudah user menggunakan aplikasi.
Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/2D_computer_graphics
http://en.wikipedia.org/wiki/3D_computer_graphics
http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_animation
http://en.wikipedia.org/wiki/Graphics
http://www.britannica.com
http://dinifitri.blogspot.com/2010/10/kaitan-antara-desain-pemodelan-grafik.html
http://journal.uii.ac.id/index.php/media-informatika/article/viewFile/13/12
Tidak ada komentar:
Posting Komentar